Sampai saat ini, televisi adalah produk andalan para produsen
elektronik dalam memperoleh pasar. Dengan laju pertumbuhan penjualan
yang relatif tinggi (rata-rata lebih dari 10% per tahun), volume
penjualannya pada tahun 2004 diperkirakan akan menembus angka 3,5 juta
unit. Dua pemain utama di bidang ini adalah Sharp (produksi PT Sharp
Indonesia yang merupakan merek elektronik Jepang) dan LG (produksi PT LG
Elektronik Indonesia yang merupakan produk asli Korea). Kedua merek ini
bersaing ketat, susul menyusul dalam meningkatkan penjualannya.
SurveyOne pada bulan Juni lalu, melakukan survei tentang merek
televisi yang paling diingat dan merek televisi yang dimiliki saat ini
di 6 kota besar di Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya,
Medan dan Makassar). Dari wawancara yang dilakukan terhadap 2.000
responden di kota-kota tersebut, angka-angka yang diperoleh masih
memperlihatkan keunggulan dari merek televisi selain Sharp dan LG,
yakni Sony, yang meraih top of mind (TOM) brand awareness
tertinggi. Posisinya ini ditempel ketat oleh Sharp. Sementara
peringkat berikutnya adalah Toshiba, diikuti oleh Polytron, dan terakhir
LG.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar