Memang betul sekali bahwa website seorang pebisnis harus bisa
meningkatkan penjualan dan bisa membantu promosi offline bisnis Anda,
oleh karena itu ketika membuat website tersebut, objective utamanya
adalah untuk menjual produk sebanyak mungkin.
Secara logika, maka website tersebut harus menampilkan berbagai
produk yang ingin dijual dengan selengkap lengkapnya disertai dengan
fitur produk dan spesifikasi.
Setelah itu, tinggal melakukan promosi yang gencar agar setiap orang
tahu dan mengunjungi website tersebut. Mereka yang tertarik akan
segera membeli, dan profit bisnis akan naik.
Apakah memang demikian kenyataannya?
Sayang sekali, TERNYATA kenyataannya adalah sangat berbeda.
Apa yang salah?
Perhatikan FAKTA 1:
Setiap pengunjung yang datang pertama kali ke website manapun, maka
mereka pasti tidak pernah BACA, tidak pernah PERCAYA, tidak pernah BELI
Jadi tantangan pertama yang harus dihadapi oleh website adalah bukan menjual, tapi membuat pengunjung BACA.
Perhatikan FAKTA 2:
Statistik menunjukan bahwa dalam waktu 5-7 detik pengunjung sudah
membuat keputusan untuk tetap berada di website tersebut, atau pergi
dari website tersebut
Oleh karena itu TUGAS PALING PENTING pertama dari website adalah membuat pengunjung baca.
Apa yang bisa membuat pengunjung baca? Jawabannya: HEADLINE
Ketika website berhasil membuat pengunjung membaca, maka website
tersebut punya kesempatan untuk membuat pengunjung percaya, dan
akhirnya membuat pengunjung membeli.
Perhatikan FAKTA 3:
Lebih dari 99% pengunjung website pergi tanpa membeli apapun yang ditawarkan di website tersebut
Ketika pengunjung ini pergi, maka mereka belum tentu akan datang
lagi, padahal mungkin saja ada produk yang mereka sangat perlukan dari
website tersebut
Oleh karena itu TUGAS PALING PENTING kedua dari website adalah
menangkap nama dan email dari pengunjung, sehingga bisa memanggil
mereka kembali ketika ada produk baru atau promosi baru.
Prinsip ini berlaku bukan hanya berlaku di online, tapi juga di offline.
Bisnis Anda akan bertumbuh ketika Anda membuat sistem yang selalu
mengumpulkan database dari prospek prospek yang pernah mampir ke toko
Anda, atau ke website Anda. (Sumber: emcoach.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar