Iklan
ada di mana-mana, tapi tidak semua iklan adalah iklan yang sukses.
Masing-masing metode periklanan memiliki keuntungan sendiri, ada hasil
positif yang semua pengiklan pada umumnya berusaha untuk mencapai.
Selain keuntungan jelas seperti peningkatan penjualan dan pendapatan,
iklan atau kampanye periklanan yang sukses menghasilkan hal-hal lain yg
penting untuk mempertahankan bisnis tetap berjaya. Uang yang
dibelanjakan untuk iklan menjadi tidak sia-sia.
Meningkatkan Pengakuan Atas Eksistensi Perusahaan
Ukuran kesuksesan bisnis tidak hanya dari segi keuangan tetapi juga
pada berapa banyak orang bisa mengenal nama perusahaan, mengenali logo,
melafalkan slogan perusahaan atau menyanyikan jingle catchy nya. Sebuah
dokumen tertulis dari Hewlett-Packard ” Kekuatan Komunikasi Visual ”
mengungkapkan bahwa orang yang lebih mampu mengingat sekitar 80 % dari
hal-hal yang mereka lihat, dibandingkan dengan 10 % dari apa yang mereka
dengar dan 20 % dari membaca. Bahkan anak-anak kecil tahu lengkungan
emas pada tanda atau papan reklame McDonald menandakan sudah dekat.
Pengakuan instan dan kesukaan dari suatu produk atau layanan adalah
tujuan akhir. Kombinasi suara dan penglihatan yang lebih efektif
daripada hanya visual, jelas Hewlett-Packard. Iklan televisi harus
berhasil menggabungkan setidaknya dua hal tsb untuk membuat iklan yang
mudah diingat konsumen.
Membangun Basis Pelanggan dan Menggeser Pesaing
Sebuah iklan mungkin menyebabkan konsumen yang hanya datang sesekali
menjadi kembali untuk penawaran khusus atau produk baru dan juga
membawa pelanggan baru. Iklan yang efektif harus terus membangun basis
pelanggan dan menambah sekelompok besar pelanggan setia yang secara
teratur melakukan bisnis dengan perusahaan. Tantangannya adalah
bagaimana untuk membuat iklan menonjol di antara iklan lain untuk bisnis
yang menawarkan produk atau jasa serupa. Sebuah kampanye iklan atau
seluruh iklan yang sukses tidak hanya meningkatkan pelanggan bisnis
tetapi membawa dalam bisnis lebih dari pesaingnya. Buzz lainnya harus
didengungkan sedemikian rupa sehingga mampu mengungguli perusahaan lain.
Ini adalah persaingan ketat yang mengarah ke beberapa iklan cerdas dan
kreatif.
IKlan Yang Sukses Mampu Raih Audiens Target
Karena iklan muncul dalam berbagai bentuk, bisnis harus memilih iklan
yang menjangkau banyak orang dengan produk atau jasa yang mereka
maksudkan. Iklan harus ditempatkan di mana anggota audiens target
berada, membaca dan melihat. Televisi menawarkan kesempatan yang
berpotensi kuat. Pada usia 65, seseorang dikatakan telah menghabiskan
sembilan tahun hidupnya menonton televisi, menurut Norman Herr, Ph.D.
dari California State University, Northridge dan AC Nielsen Company. Ini
termasuk melihat ratusan iklan televisi tiap harinya. Namun hasil
positif tidak tercapai kecuali jika iklan berjalan di network, dan pada
momen di mana target audiens sedang menonton TV.
Iklan Yang Sukses Mampu Ubah Opini atau Kebiasaan Publik
Beberapa iklan dikembangkan untuk membentuk cara orang melihat topik
kontroversial atau serius. Iklan televisi bagus dalam menyajikan jenis
iklan yang mampu mempengaruhi publik; meskipun kartu pos, baliho dan
poster menghasilkan hal yang (kadang-kadang berhasil) misalnya pada
musim kampanye pemilihan untuk menggalang dukungan buat kandidat politik
tertentu. Iklan kampanye gerakan melawan kebiasaan “mabuk saat
mengemudi” tahun 1980-an adalah salah satu contoh iklan yangsukses
mengubah perilaku dan persepsi publik. Setahun setelah peluncuran
kampanye secara ketat mulai nampak kematian akibat kecelakaan “mabuk
saat mengemudi” secara substansial lebih rendah.
Demikianlah, iklan yang sukses mampu mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. (ehow)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar