Apakah
merek terkenal bisa menjadi jaminan dan alasan konsumen memilih produk?
Dari hasil survei yang dilakukan oleh SurveyOne ternyata kualitas
produk adalah faktor yang paling dianggap penting oleh sebagian besar
konsumen. Hasil survei ini dilakukan di dua kota yakni Jakarta dan
Surabaya. Untuk kedua kota tersebut, kebutuhan menjadi alasan penting
kedua dalam alasan konsumen memilih produk atau merek.
Hasil yang penting pula dari survei tersebut adalah 84.5% responden
ternyata berpendapat bahwa kemudahan dalam mendapatkan sebuah produk
menjadi alasan yang cukup penting dalam memilih merek. Hal ini semakin
menunjukkan pula bahwa kekuatan distribusi menjadi salah satu kekuatan
yang semakin penting dalam strategi pemasaran. Promosi besar-besaran
yang dilakukan oleh sebuah merek tidak akan cukup menjadi alasan bagi
konsumen untuk membeli apabila tidak didukung oleh ketersediaan produk
di pasar.
Yang menarik, merek luar negeri menjadi faktor yang paling tidak
penting, relatif dibandingkan dengan lima faktor lain. Hal ini
sebenarnya menjadi indikasi bahwa produk dalam negeri sebenarnya bisa
laku dijual di dalam negeri, asalkan tentunya, memiliki kualitas yang
tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar